Selasa, 14 Mei 2013

Kue Unik dan Sehat Dari Bunga



Selain enak dipandang mata, ternyata bunga bukan hanya bisa di jadikan pemandangan mata bagi siapapun yang melihatnya loh. Bunga juga bisa dimanfaatkan untuk makanan sehari-hari, tidak percaya? Tidak sedikit orang yang percaya bahwa bunga bisa dimanfaatkan untuk olahan makanan serta banyak terkandung khasiat yang menyehatkan untuk tubuh. Berikut makanan indah yang bisa santap dari indahnya bunga. 

Bukan hanya memiliki manfaat kesehatan saja, bunga ternyata juga punya manfaat yang bagus untuk kecantikan. Dicatat ya, buat wanita yang ingin cantik alami, tidak ada salahnya untuk mencoba makanan yang terbuat dari bunga. 

Di Korea terdapat panganan yang terbuat dari bunga loh, penasarankan !. Mulanya mengkonsumsi bunga memiliki nilai sejarah bagi orang Korea pada masa kuno. Mereka konon memanfaatkan bunga sebagai makanan dikarenakan pada saat bencana kelaparan datang, hanya sedikit bahan makanan yang bisa dimakan.

Adapun jenis bunga yang manfaatkan sebagai bahan masakan Korea adalah berasal dari serbuk sari tusam (pollen ), pada awal msim semi tunas kelopaknya muncul dan pada saat musim panas polen ini biasanya mekar secara penuh. Banyak manfat yang bisa kita temukan dari konsumsi bunga pollen yakni bunga pollen mengandung banyak protein dan sangat baik utk kesehatan. Rakyat Korea mengumpulkan pollen ini dengan seksama dan mengeringkannya. Pada saat ada festival-festival besar sepanjang tahun, pollen kering dicampur dengan madu dan dimakan sebagai kue yang dinamakan songhwa dasik.

Masakan berbahan bunga yang terkenal ialah Hwajeon, Kue ini merupakan pancake kecil yang dibuat dari adonan tepung ketan, gula dan air. Kue ini biasa dikenal dengan nama kue bunga atau kkot darim dalam bahasa korea. Teksturnya lembut dengan aroma bunga yang wangi membuat kue ini digemari banyak orang. Kelopak bunga azalea dan seruni paling sering dijadikan toppingnya.

Bunga azalea yang bisa dimakan disebut Jindallae. Jenis bunga yang berwarna ungu cantik ini yang menjadi ciri khas hwajeon. Secara tradisional dimakan bersama jindallae hwachae atau minuman tradisional yang dibuat dari air madu dan bunga azalea.

Jenis bunga lain yang banyak dipakai untuk membuat panekuk jeon adalah bunga lonceng lebar atau doraji, bunga akasia, bunga ginseng, bunga mawar liar, bunga labu, bunga rape dan sebagainya. Selain jeon, bunga-bunga ini juga dibuat menjadi salad dan berbagai jenis masakan lain. Dalam kuliner istana, kelopak bunga day lily yang mekar di awal musim semi dianggap sebagai makanan yang mewah dan diperuntukkan untuk raja.

0 komentar:

Posting Komentar