Senin, 14 Januari 2013

Mempelajari Budaya Hanstyle Korea


Budaya hanstyle di Korea ternyata memiliki beberapa pengertian loh, sejarah hanstyle berawal dari berkembangnya Negara-negara di Asia yang melakukan banyak pertukaran melalui perdagangan dan budaya disepanjang sejarah. Seperti tahun 1980an adalah eranya “Hong Kong Noir” sedangkan 1990an dikenal sebagai masa kejayaan anime Jepang. Tahun 2000an ditandai dengan naiknya popularitas budaya Korea, dimana musik dan drama mencapai tingkat yang tertinggi.

 Sekali lagi hanstyle tak pernah lepas dari kesuksesan soal musik dan juga drama Korea   lantas hal tersebut berlanjut lagi dengan budaya khas Korea seperti Hangeul, Hansik, Hanbok, Hanok, Hanji, dan Hanguk Eumak . Di Korea keenam simbol tersebut merupakan salah satu bentuk budaya yang sampai saat ini masih Berjaya di Korea  Selatan. Untuk lebih jelasnya mengenal budaya hanstyle di Korea  mari kita lihat ulasan berikut. 

Hangeul
Hangeul merupakan alphabet Korea, merupakan sistem penulisan yang sangat alamiah dimana Hangeul telah dtunjuk oleh UNESCO sebagai  bagian penting warisan dunia. Keinginan untuk belajar Hangeul dan bahasa Korea terus meningkat secara signifikan berkat keberhasilan Korean wave.

Hansik
Berkat makanan Korea yang terus mendapatkan popularitas diseluruh dunia untuk manfaat kesehatan,kini makanan Korea mampu menjadi  salah satu makanan sehat di dunia.

Hanbok
Hanbok merupakan  pakaian tradisional Korea yang cukup terkenal di dunia. Fokus perhatian  bermula ketika DaeJangGeum (Jewel in the Palace), sebuah drama TV pada masakan pengadilan kerajaan, menjadi populer di Asia. Modifikasi dari warna indah dan desain dari hanbok ini juga digunakan sebagai motif dalam semua desain gaya Korea.

Hanok
Pengunjung international menunjukan bukti minat dalam hanok tradisional Korea. Banyak diantara mereka yang ingin memiliki rumah dengan desain menyerupai hanok. Seperti desain rumah yang memiliki Ondol dengan system pemanas lantai Korea yang sangat efektif dimusim dingin. Ondol merupakan  aspek penting dari gaya  Korea karena memiliki arsitektur yang unik.

Hanji
Hanji merupakan bentuk  kertas tradisional yang bertahan selama lebih seribu tahun dan dikenal untuk kualitas luar biasa serta desain yang elegan. Hanji juga mampu menarik perhatian tidak hanya sekedar untuk menyimpan catatan pada kertas namun juga untuk dekorasi interior  yang sangat cantik.

Hanguk Eumak
Musik Tradisional Korea yang memiliki sentuhan irama dan lirik sentimental yang melambangkan sejarah menyedihkan dari Korea. Seperti sentimen Korea unik ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap musik

0 komentar:

Posting Komentar