Kamis, 31 Januari 2013

Cara Memasang Keyboard Hangul di Komputer Windows




Saatnya belajar hangeul,  salah satu kendala kenapa sampai saat ini kita kesulitan untuk terbiasa menulis hangeul ialah karena kita kesulitan dalam menggunakan keyboard hangeul. Cara paling mudah dalam belajar adalah mencoba terus dan terus.  Hal ini tentunya berlaku untuk segala jenis hal. Dan, bagi  kalian yang ingin mempelajari bahasa Korea, terdapat cara belajar yang praktis dan cepat menggunakan perangkat komputer Windows. Cara tersebut adalah membuat komputer Windows kalian  sebagai sarana untuk menulis tulisan Hangul.

Untuk melakukan hal ini sangatlah mudah. Anda tak perlu menambah aplikasi apapun. Dan, bagi kalian yang menggunakan OS Windows 7, langkah yang diperlukan terhitung sangatlah mudah. Namun sebelumnya, Kalian harus menginstall tulisan Hangul di komputer kalian. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kalian lakukan.
  • Langkah yang pertama adalah menuju Control Panel. Kalian bisa menekan tombol Windows dan di situ nanti akan muncul opsi ControlPanel. Selanjutnya, Kalian bisa memiilih opsi Clock, Language and Region.
  • Setelah itu, kalian bisa memilih tab Keyboard and Languages dan menekan pilihan Cange Keyboards. Jika langkah yang Anda lakukan benar, maka tampilannya adalah sebagai berikut
  • Berikutnya, kalian bisa menekan tombol Add dan centang Microsoft IME dan Korean. Dan, proses pemasangan bahasa Korea sudah selesai.

Lalu, bagaimana cara menggunakan penulisan bahasa Korea atau tulisan Hangul tersebut? Cukup mudah. Kalian bisa menulis tulisan Hangul di berbagai pilihan media. Dari Microsoft Word, Notepad browser dan lain-lain. Caranya adalah sebagai berikut:
  • Pada bagian bawah, tepatnya di sebelah kiri jam, Kalian akan melihat language bar yang berukuran sangat kecil.
  • Selanjutnya, untuk memudahkan penggunaan kalian bisa klik tanda tersebut dan pilih Show the Language Bar. Maka hasilnya, language bar tersebut akan berpindah ke bagian atas layar. kalian pun bisa memindahkan bar tersebut sesuai dengan yang kalian inginkan. Dan, untuk menuliskan tulisan Hangul, kalian tinggal memindah opsi bahasa Indonesia menjadi bahasa Korea, dan memilih Microsoft IME.

Jika semua langkah yang telah kalian lakukan berhasil, maka kalian bisa mengetik tulisan Hangul seperti yang tertera di bawah ini.

Bagi kalian yang menggunakan sistem operasi Windows XP ataupun Windows Vista, langkah yang perlu dilakukan sebenarnya hampir sama. Namun, untuk beberapa kasus, terkadang sistem operasi Anda tidak mendukung bahasa Korea. Jika hal ini terjadi, Anda bisa mengambil CD Windows Anda dan menambahkan bahasa Korea.

Selanjutnya, setelah kalian berhasil menginstall tulisan Hangul di komputer, maka yang kalian butuhkan adalah cara mengetik. Jika kalian sudah terbiasa dengan abjad alfabet, tentunya akan sangat sulit menggati kebiasaan tersebut secara instan. Dan, yang Anda perlukan adalah membuat daftar tuts huruf hangul seperti berikut. Gambar seperti ini banyak tersedia di internet. Jadi jangan khawatir kalian akan kesulitan.
So, setelah kalian bisa mempraktekkan tips dan trik menginstall tulisan Hangul ini, kalian tentunya bisa berlatih bahasa Korea secara mandiri. Postingan ini saya ambil berdasarkan dari sumber: http://blog.fastncheap.com Selamat mencoba & Semoga Bermanfaat !


2 komentar:

Hanifah Abidah mengatakan...

jeongmal kamsahabnida!!! '_')b

Unknown mengatakan...

kalau hangul bisa diterjemahin ke inggris ndak min dari google translate nya? Website Gratis

Posting Komentar